MENEROBOS 1.000.000 HITS GOOGLE

February 02, 2016
Menjadi nomor satu di dunia cyber merupakan aset luar biasa yang akan membuka pintu-pintu karir Anda. Apapun bisnisnya, jika sudah dikenal dalam dunia cyber, maka akan terbuka peluang dan kesempatan besar untuk memulai serta mengembangkan bisnis, apapun bisnisnya. Apakah Anda sedang menjalankan bisnis online, seorang profesional, pemimpin dalam sebuah perusahaan? Apapun pekerjaannya, guru, pegawai, penjual barang dan jasa, bahkan ibu rumah tangga, dan apapun profesi yang melekat sebagai identitas, sebagai seorang spesialis IT, dokter, akuntan, pengacara, pelukis, bahkan mahasiswa atau  pelajar, Anda membutuhkan eksistensi untuk menjadi nomor 1 dalam dunia cyber, mengapa?  Karena ada sejuta manfaat menjadi nomor 1 di Google!
1.1 Mengapa Google Nomor Satu? Mengapa harus Google? Mengapa bukan mesin pencarin lain seperti yahoo, bing, atau bahkan mesin pencari meta? Karena Google adalah mesin pencari nomor satu dalam hal jumlah pemakai, fitur, kemudahan, desain, dan hasil pencarian.  Refleksikan profil online dan menjadikan Google tolak ukur eksistensi online akan menghasilkan manfaat nyata. Standar Google yang terbukti nomor 1 akan memuluskan langkah Anda mencapai popularitas. 
2
Berdasarkan data statistik yang dikemukakan oleh Netmarketshare, Google adalah mesin pencari populer dunia dengan meraup pengguna di seluruh dunia hingga menyentuh lebih dari 80% pengguna mesin pencari.  
Gambar 1.1 Tren mesin pencari di dunia
Pertanyaannya, mengapa harus Google? Karena orang-orang menyukai Google! Dalam benak orang-orang pada umumnya, mereka mencintai Google karena:  Sederhana dan mudah digunakan.  Akurat.  Google menyajikan dan mengindeks konten dengan cepat sehingga informasi dapat segera terjaring mesin pencari.  Kaya fitur dengan ragam layanan gratis milik google, mulai dari mesin pencari, tata kelola hasil pencarian, hingga layanan lainnya. Layanan-layanan yang dimaksud antara lain: google search, google plus, gmail, google translate, google book, google scholar, Youtube, Picasa Web Album, Google Sketch-up, Google Play, dsb. Gambar 1.3.  Namanya mendunia, bahkan aksi mencari informasi di internet identik dengan ‘GOOGLING’, terlepas dari jenis mesin pencari yang digunakan.

Gambar 1.2 Website Google.com — Kesederhanaan dan kaya fitur membuat mesin pencari ini disukai banyak orang
Jika anda ingin popular di kalangan banyak orang dan mempertahankan keberadaan online (online existance), maka jadilah populer di Google. 
Gambar 1.3 Berbagai produk Google 1.2 Apa yang Google Inginkan? Menjadi popular di Google berarti keberadaan Anda di mata situs pencari Google sangat terlihat. Google akan melihat informasi yang menurutnya bernilai, hal ini dilakukan dengan serentetan algoritma yang tertanam di mesin pencari google.
4
Google menyukai mata rantai yang tegas untuk membuat untaian informasi dapat ditampikan secara relevan sewaktu meng-query, karena dengannya Google akan terlihat baik dimata para pengguna internet dan  Google tidak mau terlihat buruk. Sederhananya, berikanlah apa yang Google inginkan, maka Anda akan menuai popularitas dan dicintai Google. Lalu apa yang sebenarnya Google Inginkan?  Google ingin kejujuran dan bukan informasi tipuan. Beberapa website mencantumkan kata kunci yang tidak relevan hanya untuk menjaring pengunjung, hal ini sangat tidak disukai Google,  karena Google akan ter- lihat buruk jika harus menampilkan informasi web tersebut ke pengguna. Google ingin informasi yang berkualitas dan bukan informasi yang alakadarnya. Google ingin informasi yang memberikan pengetahuan, solusi, serta lengkap. Bukan informasi yang tidak lengkap, tercecer, atau berantakan. Google ingin informasi yang mampu menjadi pelengkap, baru, dan informasi yang menjadi trending. Buku ini akan mengungkapkan ‘rahasia’ agar Google mendapatkan apa yang diinginkannya, dan Anda akan menuai popularitas!
1.3 Manfaat Karir 1.000.000 Hits Lalu, apakah ada manfaat dengan menembus jumlah hits yang besar dengan kata kunci yang mencirikan keberadaan online kita? Sebenarnya jika Anda tidak pernah menggunakan internet atau bersosialisasi di internet, mungkin tidak ada manfaatnya dan Anda pun tidak perlu bersaing dengan para netizen (masyarakat internet). Tetapi sekarang, kodisinya sangat berbeda, bahkan prosesi pelamaran dan rekruitasi karyawan pun mengandalkan Internet, seperti yang dikatakan
5
oleh Jobsdb.com, bahwa 82% pencari kerja di Indoensia kerap meng- gunakan situs pencari kerja dibandingkan melalui koran atau majalah. Intinya, Anda akan dibuat lebih terlihat dengan ‘1.000.000 hits Google’ dibandingkan orang-orang lain yang tidak ‘sadar’ akan pentingnya keberadaan online. Salah seorang manajer Sumber Daya Manusia yang menangani rekrutmen karyawan perusahaan industri makanan, mengatakan bahwa sesekali ia meng-googling kandidat karyawan, untuk memastikan kredibilitas serta rasa ingin tahu dari aktifitas sang kandidat. Meskipun CV online secara lengkap sudah dilihatnnya, sebelum memanggil kandidat karyawan untuk di interview, tampaknya perlu ‘filtrasi’ lagi dengan melihat kredibilitas online si kandidat.  Terlepas dari masalah etika dan privasi, informasi bertebaran di internet, termasuk pula jejak aktivitas sosial yang terarsip di situs-situs internet, meng-googling sudah menjadi hal lumrah dalam mencari informasi personal. Selembar CV tidak mampu bercerita seindah halaman web perihal siapa Anda, maka tidak heran jika para pencari kerja sengaja menyisipkan website mereka untuk dilihat oleh si pewawancara atau staff rekruitasi. Tapi buku ini akan memberikan mereka lebih lagi, karena Anda populer! Buku ini akan membuat Anda populer. 
Gambar 1.4 Ragam  situs pencari kerja — Secara tidak langusng eksistensi online Anda dipaksa muncul

Gambar 1.5 Situs pencari kerja yang merakyat http://www.karirrakyat.com/
Situs pencari kerja karirrakyat.com mengklaim sebagai situs pencari lowongan kerja yang merakyat, tidak soal apapun itu jenis pekerjaannya, ragam pekerjaan dapat ditemukan seperti misalnya:  supir, SPG, pembatu rumah tangga, hingga profesional. Dapat disimpulkan, jika Anda melaku- kan pencarian kerja online,  maka eksistensi online harus terlihat, tidak soal profesi Anda!
1.4 Manfaat bisnis 1.000.000 hits Manfaat luarbiasa eksistensi dan popularitas akan terasa sewaktu layanan dan jasa yang anda tawarkan bertengger di halaman pertama hasil pencarian Google. Tidak perlu iklan dan mengeluarkan budget tambahan, karena Google menyukainya. Bukan hal yang tidak mungkin website Anda berada di urutan pertama meski tidak beriklan sekalipun. Dipercontohkan pada Gambar 1.6, beberapa situs berjualan batu permata mampu bertengger di top list hasil pencarian Google. Anda pun dapat!

Gambar 1.6 Hasil pencarian Google dengan kata kunci ‘batu permata' 1.5 Tunnel untuk Ragam Bisnis - 1.000.000 Hits tanpa Biaya Advertising Mencapai 1.000.000 bukan langkah mudah, dibutuhkan perancangan matang dalam membuat skema dalam menciptakan konten, menyebarkan informasi serta penggunaan tool yang tepat.
8
Benar jika jejaring sosial semisal facebook, twitter, two, kaskus, mampu menambah eksistensi online serta mengangkat hits hasil pencarian, tetapi belum cukup untuk menerobos 1.000.000 hits, karena hal ini mungkin tidak terlalu disukai Google yang otomatis tidak terlalu disukai oleh pengguna internet pada umumnya. Intinya pengguna internet haus konten dan Google rakus kata kunci yang benilai. Konten menjadi harta bagi Google, maka dari itu Google bekerja keras menjelajah konten dan menjaring bahkan ‘memuntahkan kata kunci’ yang tidak bernilai. Berhati-hati agar menghindari kesalahan memilih strategi menaikkan hits google, karena Google tidak segan untuk memblokir website demikian. Merancang tipuan ‘cloaking’ (memanipulasi konten agar terjaring oleh mesin pencari meski konten tidak relevan), menggunakan kata-kata kunci yang tidak relevan, menyembunyikan konten, menduplikasi konten, doorway site (menyajikan link ke konten yang berbeda bahkan berulang), memakai robot untuk ‘mencuri’ konten, serta memodifikasi sebagaian agar terlihat tidak sama, bahkan menyisipkan trojan, virus, atau malware amat tidak disukai Google. Menggunakan cara kotor untuk menaikan hits Google malah akan memangkas rating.  Seperti dinyatakan pada Pedoman Webmaster Google: "Pedoman Kualitas", yang menjelaskan beberapa praktik melanggar hukum dapat mengakibatkan situs dihapus dari indeks Google. Jika situs telah di- pengaruhi oleh tindakan spam, situs tersebut tidak akan muncul lagi pada hasil pencarian Google.com atau situs mitra Google manapun. Banyak strategi, skema serta tool yang dapat digunakan tanpa harus menggunakan cara-cara kotor. Buku ini akan mengungkapkannya secara terinci. 
9
1.6 Alasan Strategi Bisnis Online Cenderung Salah Mengapa upaya mencapai popularitas tidak berujung hasil? Sudah melakukan ragam upaya dan bergerilya menyebar konten tetapi tidak ada manfaat nyata? Kondisi ini berlaku pula dalam bisnis, hanya memasang barang jualan saja ternyata tidak cukup untuk mendongkrak bisnis. Kesalahan terbesar bisnis online adalah terlampau komersial. Padahal internet pada dasarnya menyajikan layanan dengan biaya murah, bahkan gratis, tidak semua orang berselancar bermaksud untuk berbelanja online. Bahkan berdasarkan Pew Internet & American Life Project tracking surveys (22 Juli 2008), berkirim e-mail menempati posisi teratas yang disusul dengan pencarian informasi menggunakan mesin pencari. Bentuk dasar ‘gratis’ seharusnya tetap ada untuk melekatkan eksistensi di jagat maya, ada porsi yang tetap harus diberikan sebagai wujud dari eksistensi ‘sosial’.  Banyak hal yang didapati ‘salah’ dalam bisnis online, misalnya beberapa diantaranya:  Kecuali barang Anda amat dicari, jadilah populer bukan sekedar etalase online.  Konten serta atribut tidak mencerminkan brand.  Salah desain, membuat website mahal untuk barang murahan dan website yang terlihat murahan untuk barang mahal.  Empat faktor yang disukai Google tidak ada pada toko online.
1.7 Harmonisasi Popularitas Setelah memberikan yang Google inginkan dan Google memberikan yang kita inginkan, selanjutnya adalah proses meraih stabilitas peringkat. 
10
Seraya Anda berupaya meningkatkan hits di Google, sang mesin pencari akan memiliah-milah segala informasi yang Anda miliki, dan dalam beberapa waktu, peringkat serta ruang lingkup pencarian akan ber- fluktuasi, bisa melambung hingga jutaan hits bahkan meluncur drastis ke titik terendah ribuan bahkan ratusan hits. Maka dari itu, harmonisasi popularitas menjadi jalan tengah agar hits tetap stabil, dan Anda dapat mengukuhkan eksistensi online guna ragam kebutuhan berbuah nyata, seperti berjualan, menawarkan jasa, meneguh- kan kredibilitas profesi, bahkan  menjadi online selebriti.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 comments